Rabu, 28 September 2011

Tips Agar Wajah Segar, Mata Berbinar

Sobat, kamu semua tentu senang bila memiliki wajah yang selalu segar dan mata berbinar indah. Ternyata ada tips sederhana yang bisa kamu praktikkan untuk memilki kedua hal itu. Tips ini sangat mudah dilakukan dan tak perlu biaya mahal. Penasaran? Simak yach!

Agar wajah selalu segar 
Untuk memiliki wajah yang selalu segar dan berseri, lakukanlah beberapa hal berikut:
  1. Minum air putih delapan gelas sehari Siapkan selalu botol berisi air putih, baik si rumah maupun di sekolah. Ingat, kekurangan air putih akan menyebabkan kulit kering dan tubuh menjadi malas.
  2. Konsumsi buah-buahan segar Pilih buah yang banyak mengandung air, misalnya apel, jeruk, pir dan sebagainya. Mengkonsumsi buah akan membantu mengembalikan kebugaranmu. 
  3. Lakukan gerakan ringan Berbagai aktivitas, terutama di sekolah, kadang membuat tangan dan leher tegang. Lakukanlah stretching ringan tanpa keluar dari ruangan. Misalnya dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala sambil menarik nafas dalam-dalam, kemudian keluarkan perlahan-lahan. Hal ini bisa dilakukan dengan duduk ataupun berdiri. 
  4. Dengarkan murottal Mendengarkan murottal adalah salah satu cara untuk mengatasi pikiran yang sedang suntuk. Pasang volume sesuai dengan konsumsi telinga, kalau perlu lewat earphone. 
  5. Lakukan senam muka Saat kamu mulai ngantuk, basuhlah wajahmu dengan air dingin kemudian keringkan. Lakuakn senam wajah dengan membuka mulut lebar-lebar kemudian mengatupkannya dan memelototkan mata dengan gerakan bola mata ke kiri dan ke kanan. Setelah itu rapikan penampilanmu. 
  6. Masker wajah Untuk menjaga dan memelihara kesegaran kulit wajah, masker wajah sederhana dari buah-buahan yang dihaluskan ditambah sedikit madu, sangat cocok untuk memelihara kesegaran kulit wajah, khususnya bagi sobat muslimah. 
Jika 6 tips di atas kamu praktikkan, insyaAllah wajah yang segar dan mempesona pun akan kamu miliki.

Agar mata sehat berbinar 
Mata adalah salah satu bagianwajah yang sangta penting. Diperlukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan dan keindahannya. Berikut ini beberapa tips untuk memiliki mata sehat dan berbinar indah.
  1. Setiap pagi setelah bangun tidur, isi mulutmu dengan air, pejamkan mata dan perciki/siram matamu sekitar 10-15 menit. Mata tidak boleh dibasuh dengan air panas. 
  2. Mata dan wajah tidak boleh dibasuh jika badan sedang berkeringat, terutama setelah melakukan latihan fisik yang berat atau setelah terjemur matahari dan panas. 
  3. Hindari menatap terus menerus terutama pada objek dengan jarak yang jauh. Suatu hal yang baik jika kamu mengejapkan mata auatu member istirahat pada matamu. Jangan melihat suatu objek di bawah cahaya matahari yang terang untuk waktu yang lama. Jangan membaca, manulis atau bekerja yang menggunakan mata dengan sinar yang tidak tepat, atau jika cahaya tidak cukup. Istirahat sejenak dan istirahatkan mata jika rasa berat atau kelelahan terasa pada mata. 
  4. Bangulah sebelum matahari terbit. 
  5. Tidak tidur pada malam hari dan tidur setelah matahari terbit dapat membahayakan mata. Jika tidak tidur tidak dapat dihindari, minumlah secangkir air setiap setengah jam. 
  6. Lindungi mata dari debu, asap, terik cahaya matahari dan angin yang kencang. Hindari berada lama dalam keadaan yang seperti itu. Jika kamu tidak dapat menghindar dari keadaan tersebut, kejap-kejapkan matamu dan pijat dengan lembut matamu yang terpejam dengan telapak tangan. 
  7. Karena sembelit dapat melemahkan penglihatanmu, teratur dan bersih mengeluarkan hajat besar harus dijaga. Juga hindarilah stres, karena terlalu banyak keinginan/gelisah, sedih, marah, ketegangan jiwa dan kuatir dapat membahayakan mata. 
  8. Satu latihan yang mudah adalah menggerakkan bola mata ke segala arah yaitu, kanan dan kiri, atas dan bawah, dan putarlah searah jarum jam dan berlawanan jarum jam. Latihan mata teratur membantu menjaga penglihatan yang sempurna. 
  9. Gosok kedua telapak tangan selama 30 detik dan letakkan dengan lembut telapak tangan yang hangat pada mata yang terpejam. Makanlah kubis dan wortel, dengan begitu saja atau dibuat jus. Itu sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. 
  10. Masukkan satu sendok teh dalam segelas air dan diamkan semalam. Pada pagi harinya, saring airnya dan basuhlah mata dengan air tersebut. 
  11. Teteskan setetes madu di setiap mata satu kali seminggu. Madu dapat memebersihkan dari berbegai kotoran dan debu. 
Dengan mengikuti tips di atas mata kita akan terjaga kesehatan dan keindahannya. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki penglihatan lemah.

Referensi : Majalah Elfata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar