Selasa, 13 Desember 2011

Agar Tak Mudah Ngantuk di Kelas

Rasa kantuk suka datang kapan saja, biasanya ketika menjalani aktivitas yang membosankan atau terkadang ketika melakukan aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi pun bisa terserang kantuk. Khsusunya seringkali kantuk mendera bagi siswa yang sekolah maupun mahasiswa yang kuliah pas pelajaran di kelas yang materinya susah, atau cara guru/dosen yang mungajar kurang menarik.


Kalau hal ini dibiarkan saja maka bisa merugikan kita, karena bisa menghilangkan konsentrasi belajar dan tidak akan mendapat apa-apa selama di kelas. Bagi kamu-kamu para siswa atau mahasiswa, ada tips untuk mengusir rasa kantuk ketika di dalam kelas, cekidot!

1. Izin keluar kelas
Mintalah izin keluar kelas untuk cuci muka dan berwudhu. InsyaAllah saat kembali ke kelas, kamu akan lebih segar dari sebelumnya.

2. Meregangkan otot
Kegiatan ini cukup dilakukan di bangku saja. Tarik tanganmu ke atas dan ke samping kiri dan kanan. Regangkan otot lehermu. Kalau guru/dosen bertanya kamu lagi ngapain, bilang aja terus terang kalau kamu lagi olahraga kecil biar gak nagntuk.

3. Duduk di depan
Mayoritas orang yang ngantu’an (sering ngantuk), suka memilih duduk di belakang, biar kalau ketiduran, gak ketahuan. Ternyata cara ini justru bisa memelihara rasa kantuk. Coba sekali waktu atau seterusnya duduk di bangku paling depan (bukan bangku guru/dosen ya! :-D). dengan duduk di depan, kamu jadi waspada. Kewaspadaan kamu kamu membuat tubuh kamu otomatis ikut waspada. Ibaratnya, tubuhmu selalu dalam keadaan “STAND BY”.

4. Aktifkan otak kritis
Otak yang digunakan untuk berfikir bisa memberikan efek pada tubuh untuk tetap terjaga. Coba aja lihat orang yang mikirin utang :-D, pasti ia susah tidur, iya gak? Tentunya kalu di kelas bukan mikirin utang tapi mikir tentang pelajaran, coba aktifkan otak kritismu. Caranya adalah dengan membuat sebanyak mungkin pertanyaan tentang apa yang kamu kurang pahami dari materi yang disampaikan oleh pengajar lalu tanyakan kepadanya. itu akan membuatmu terpacu lebih giat dalam mengikuti pelajaran/perkuliahan.

5. Duduk tegak
Tahukah kamu? Postur tubuh kurang oke, bisa bikin otot jadi lelah. Karena otot dan persendian kita jadi kerja ekstra disbanding kalau tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalau otot sudah lelah, itu bisa menurunkan aliran darah dan otak hingga 30 %!

6. Makan permen
Cobalah makan permen untuk mengusir kantuk. Kalau ada permen kopi lebih bagus.
Gak usah banyak-banyak, dan gak usah heboh pas mengulum atau mengunyahnya. Yang wajar-wajar aja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra pengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Nah, yang tadinya mata kita redup karena ngantuk, mau gak mau harus melek karena otak yang bekerja untuk melek. Latihan pernapasan
Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selam 30 detik. Mengisi paru-paru sampai ke dasar membantu membuat tubuh tetap terjaga, karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.

7. Self talk
Ya ini memang artinya ngomong sendiri. Tapi ngomong bukan sembarangan ngomong. Melainkan member sugesti ke pikiran kamu biar tetap berpikir positif. Dengan cara ini, kita memprogram pikiran bawah sadar kita. Misalnya bilang “Saya akan tetap terjaga”, “Saya tidak akan tertidur…”
Kalau takut dibilang linglung, boleh ngomong di dalam hati, tapi katakana itu berulang-ulang, sesering dan seintens mungkin. Pikiran inilah yang nantinya jadi sugesti dalam pikiran bawah sadar kamu. Sugesti ini yang nanti bakal “ngingetin” dengan keras kalau mata kamu mulai meredup lagi.

8. Cari tahu penyebabnya
Cobalah cari tahu, apa yang bikin kamu ngantuk? Kaau kamu ngantuk gara-gara kurang tidur, keseringan begadang hingga tengah malam, maka berarti ngantuk yang menyerangmu itu karena kesalahanmu sendiri. So, sebaiknya kamu jangan suka membuang waktu dengan begadang. Kalau ternyata kamu ngantuk karena perutmu kekenyangan, berarti kamu harus mengurangi porsi makanmu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang mendera ketika di kelas. Semoga bermanfaat… (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar