Sabtu, 21 Januari 2012

Hujan? Terjang Aja!

Sepanjang perjalanan pulang dari Surabaya, hujan setia menemaniku. Perpaduan hawa malam plus guyuran air hujan menebar hawa dingin yang sampai menusuk tulang. Dan perjalanan yang cukup panjang menambah lengkap. Akhir-akhir ini memang aku suka menerjang derasnya air hujan, karena waktu hujan adalah merupakan berkah dari Allah. Sesuai dengan hadis Nabi SAW:

“Dua doa yang tidak pernah ditolak ; doa ketika waktu adzan dan doa ketika waktu hujan". (Mustadrak Hakim dan dishahihkan oleh Adz-Dzahabi 2/113-114. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami' No. 3078).

Imam An-Nawawi berkata bahawa penyebab doa pada waktu hujan tidak ditolak atau jarang ditolak ialah kerana pada saat itu sedang turun rahmat khususnya curahan hujan pertama di awal musim. (Fathul Qadir 3/340).


Dulu, di saat hujan aku sangat malas keluar meskipun sekedar ke rumah tetangga. Suasana hujan yang menebar hawa dingin seolah isyarat untuk segera menuju pulau mimpi yang tersingkap di balik kehangatan sehelai selimut. Atau untuk sekadar menikmati teh hangat ditemani pisang goring buatan ibu. Ma’nyuzzz…

Tapi setelah aku mendengar tausiyah salah seorang ustadz kondang, yang terkenal dengan ‘obrakannya’ agar umat Islam khususnya di Indonesia ini gemar bersedekah. Dah bisa nebak kan siapa dia? Ya, ustadz Yusuf Mansur. Aku jadi gak takut lagi untuk menerobos derasnya guyuran hujan. Beliau mendorong para pemirsa di acara Wisata Hati ANTV untuk tidak takut dengan hujan. Paling-paling kalo kehujanan ya basah n pilek. Justru pada saat hujan itulah salah satu momen terbaik kita untuk berdo’a dan minta kepada Allah. Misalkan minta mobil, biar gak kehujanan lagi, kalau bener dikabul mantep gak tuh?

Hujan adalah salah satu tanda kebesaran Allah yang perlu kita syukuri. bila kita bersyukur Insya Allah tak akan ada yang namanya musibah banjir. Karena musibah yang datang itu pun atas izin Allah dan bisa jadi itu merupakan sebuah sinyal bagi manusia yang lalai dari peringatan Allah, untuk senantiasa kembali ingat kepada-Nya.

So, mulai sekarang kalau di tengah jalan hujan turun gak usah takut. Terjang aja! Sambil berdo’a tentunya…

2 komentar:

  1. bener qta harus selalu mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada qta & gak boleh mengeluh...
    coba bayangin aja kalo gak ada hujan, negara qta bisa dilanda kemarau panjang...

    oiaa ikutan maen game tag2an blog yuuk...
    lebih jelasnya bisa buka link ini:
    http://happyendingrainbow.blogspot.com/2012/01/game-tag2an-niihhhe.html

    BalasHapus
  2. kalo hujan, buru" cari tempat berteduh :-D

    BalasHapus